
PROGRAM PEMBIASAAN MI MA’ARIF NU 1 BANJARANYAR
- Pengertian
Kegiatan pembiasaan dilakukan melalui kegiatan rutin, spontan, dan keteladanan yang baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Sedangkan pembiasaan melalui kegiatan terprogram dilaksanakan secara bertahap disesuaikan dengan kalender pendidikan, semua guru berpartisipasi aktif dalam membentuk watak, kepribadian dan kebiasaan positif. Peran guru dalam hal ini memberikan bimbingan dan konseling, arah pengembangan kebiasaan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari dan sekaligus mengkoordinir penilaian perilaku mereka melalui pengamatan guru-guru terkait.
Pengembangan diri melalui kegiatan pembiasaan adalah membiasakan perilaku positif tertentu dalam kehidupan sehari-hari. Pembiasaan merupakan proses pembentukan sikap dan perilaku yang relatif menetap dan bersifat otomatis melalui proses pembelajaran yang berulang-ulang, baik dilakukan secara bersama-sama ataupun sendiri-sendiri. Hal tersebut juga akan menghasilkan suatu kompetensi. Pengembangan diri melalui pembiasaan ini dapat dilakukan secara terjadwal / tidak terjadwal baik di dalam maupun di luar kelas.
Kegiatan pembiasaan terdiri :
Sifat Kegiatan |
Jenis Kegiatan |
Hasil yang Diharapkan |
Rutin |
Nilai Keagamaan · Berdoa sebelum dan sesudah belajar . · Sholat Dzuhur berjamaah · Sholat Dhuha · Tadarus · Baca Yasin · Sholat Jum’at · Peringatan hari besar keagamaan Nilai Kemandirian · Piket kelas · Jumat bersih · Membaca buku |
· Terbiasa berdoa setiap belajar · Terbiasa melaksanakan sholat wajib berjamaah · Terbiasa melaksanakan sholat sunah · Terbiasa membaca Al Quran · Terbiasa membaca Yasin · Terbiasa menjaga kebersihan · Terbiasa membaca buku |
Spontan |
Pengembangan budaya sekolah : · Memberi dan menjawab salam · Meminta maaf · Berterima kasih · Mengunjungi orang yang sakit · Membuang sampah di tempatnya · Menolong orang yang sedang dalam kesulitan/ kesusahan · Melerai pertengkaran |
· Siswa terbiasa membe-ri salam · Ikut merasakan pende-ritaan orang lain (berempati) · Peduli terhadap lingkungan yang ada disekitarnya |
Keteladanan |
· Penampilan guru · Mengambil sampah dan membuang di tempatnya · Berbicara santun · Mengucapkan terima kasih · Meminta maaf · Mendengarkan pendapat org lain Menghargai perbedaan pendapat · Memberi kesempatan kepada orang yang lebih tua dan orang yang lebih membutuhkan. · Menaati tata tertib (disiplin, tepat waktu, taat pada peraturan) · Memberi salam ketika bertemu · Berpakaian rapi dan bersih · Menepati janji · Memberikan penghargaan kepada orang yang berprestasi · Berperilaku sopan · Memuji pada orang yang baik · Mengakui kebenaran orang lain |
Siswa dapat meneladani perilaku guru. |
|
· Mengakui kesalahan diri sendiri · Berani mengambil keputusan · Berani berkata benar · Melindungi kaum yang lemah · Membantu kaum yang fakir · Mengunjungi teman yang sakit · Mengembalikan barang yang bukan miliknya · Membiasakan antri · Jujur dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan |
- Sasaran
KEGIATAN MEMBERI SALAM, ANTRI , BERDOA DAN JAMAA’AH SHOLAT DHUHUR
MI MA’ARIF NU 1 PEKUNCEN
NO |
KELAS |
JENIS KEGIATAN |
WAKTU PELAKSANAAN |
1 |
I |
a. Memberi salam |
Setiap ketemu guru/teman |
|
|
b. Antri |
Sebelum masuk kelas |
|
|
c. Berdoa |
Sebelum mulai pelajaran/ selesai |
|
|
e. Menjaga kebersihan |
Setiap waktu |
2 |
II |
a. Memberi salam |
Setiap ketemu guru/teman |
|
|
b. Antri |
Sebelum masuk kelas |
|
|
c. Berdoa |
Sebelum mulai pelajaran/ selesai |
|
|
e. Menjaga kebersihan |
Setiap waktu |
3 |
III |
a. Memberi salam |
Setiap ketemu guru/teman |
|
|
b. Antri |
Sebelum masuk kelas |
|
|
c. Berdoa |
Sebelum mulai pelajaran/ selesai |
|
|
d. Sholat berjama’ah |
Waktu Sholat Dhuhur |
|
|
e. Menjaga kebersihan |
Setiap waktu |
|
|
|
|
4 |
IV |
a. Memberi salam |
Setiap ketemu guru/teman |
|
|
b. Antri |
Sebelum masuk kelas |
|
|
c. Berdoa |
Sebelum mulai pelajaran/ selesai |
|
|
d. Sholat berjama’ah |
Waktu Sholat Dhuhur |
|
|
e. Menjaga kebersihan |
Setiap waktu |
5 |
V |
a. Memberi salam |
Setiap ketemu guru/teman |
|
|
b. Antri |
Sebelum masuk kelas |
|
|
c. Berdoa dan Tadarus |
Sebelum mulai pelajaran/ selesai |
|
|
d. Sholat berjama’ah |
Waktu Sholat Dhuhur |
|
|
e. Menjaga kebersihan |
Setiap waktu |
6 |
VI |
a. Memberi salam |
Setiap ketemu guru/teman |
|
|
b. Antri |
Sebelum masuk kelas |
|
|
c. Berdoa |
Sebelum mulai pelajaran/ selesai |
|
|
d. Sholat berjama’ah |
Waktu Sholat Dhuhur |
|
|
e. Menjaga kebersihan |
Setiap waktu |
- Alokasi Waktu
Untuk kelas 4 dan kelas 5 diberikan 2 jam pelajaran (ekuivalen 2 x 35 menit)
Untuk kelas 6 diberi kegiatan Bimbingan Belajar secara intensif untuk persiapan menghadapi ujian (UN/US). Kegiatan Pengembangan Diri untuk kelas rendah (1,2,3) dintegrasikan ke dalam mata pelajaran sesuai dengan ciri khas masing-masing tema.
- Penilaian
Kegiatan pengembangan diri dinilai dan dilaporkan secara berkala kepada sekolah dan orang tua dalam bentuk kualitatif :
Tabel 3. Penilaian Pengembangan Diri
Kategori |
Keterangan |
A |
Sangat Baik |
B |
Baik |
C |
Cukup |
D |
Kurang |
2 jam pelajaran untuk pengembangan diri dilaksanakan setiap hari di luar jam tatap muka (ekstrakurikuler) sesuai dengan jadwal yang berlaku
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MI MA'ARIF NU 1 BANJARANYAR
Kegiatan Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan oleh Peserta didik di luar jam belajar di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan, bertujuan untuk mengembangkan potensi
EKSTRAKURIKULER SENI HADROH MI MA’ARIF NU 1 BANJARANYAR
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa pendidikan nasional
PROGRAM UKS MI MA’ARIF NU 1 BANJARANYAR KECAMATAN PEKUNCEN
PENDAHULUAN LATAR BELAKANG Untuk mencapai tujuan Pembangunan Nasional dan mewujudkan cita-cita bangsa dan negara sesuai dengan amanat UUD 1945 diperlukan sumber daya manusia yang ber
PROGRAM EKSTRAKURIKULER MI MA’ARIF NU 1 BANJARANYAR
Pendahuluan Tujuan Pendidikan Nasional yang termuat dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sytem Pendidikan Nasional mengamanatkan terbentuknya manusia yang utuh dan m